UNG Raih Predikat Informatif Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2023

Oleh: Mohamad Raga Vael Walangadi . 20 Desember 2023 . 12:49:44

Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia (KIP RI) memberikan penghargaan kepada Universitas Negeri Gorontalo, sebagai badan publik predikat informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023. Anugerah diberikan karena terobosan yang dilakukan oleh UNG, dalam memberikan layanan informasi secara terbuka dan transparan.

Penghargaan badan publik predikat informatif diserahkan Ketua KIP RI Donny Yogieantoro kepada Rektor UNG Eduart Wolok, yang disaksikan Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin, Selasa (19/12), di Istana Wakil Presiden RI.

Rektor Eduart Wolok mengaku bangga dengan pencapaian UNG, atas Raihan badan publik informatif berdasarkan penilaian KIP RI. Pencapai tersebut perlu mendapatkan apresiasi khusus karena ditahun ini UNG mampu melakukan lompatan jauh, dari tahun sebelumnya yang berstatus tidak informatif hingga berhasil meraih kualifikasi sebagai perguruan tinggi informatif tahun 2023.

"Ini merupakan lompatan yang luar biasa karena selain berstatus informatif, UNG juga berhasil meraih penghargaan. Pencapaian ini berhasil diraih berkat sinergitas dan kolaborasi civitas akademika. Terima kasih atas kinerja dan kerja keras pihak yang terlibat hingga berhasil memperoleh hasil membanggakan ini," ujar Rektor.

Menurut Eduart, pencapaian badan publik dengan predikat informatif merupakan salah satu bukti komitmen UNG sebagai badan publik pemerintah, yang terus berupaya melakukan berbagai perbaikan dalam menerapkan keterbukaan informasi sesuai dengan Undangan-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. 

Anugerah keterbukaan informasi publik diberikan KIP RI sebagai bentuk apresiasi atas komitmen badan publik se Indonesia dalam penerapan keterbukaan informasi publik kepada masyarakat. Untuk proses penilaiannya dilakukan melalui monitoring dan evaluasi keterbukaan informasi publik serta tahapan presentasi dihadapan panelis yang ditunjuk oleh KIP RI. (**)

Agenda

28 Desember 2018

Workshop Penyusunan Standar Biaya Masukan 2019 BLU

Undangan ditujukan kepada Yth. Kepala Biro, Kabag. Keuangan/Perencanaan, Kasubag. Keuangan/Perencanaan, Tim RBA Unit/Fakultas

27 Desember 2018

Rapat Kerja Biro Umum dan Keuangan 2019

Biro Umum dan Keuangan Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2019

3 - 14 Februari 2018

Pendampingan AIPT 2018

Subbagian Hukum dan Humas mempersiapkan pendampingan AIPT 2018

30 Januari 2018

Pelatihan Pengelola Website Unit Kerja

Pelatihan pengelolaan website unit kerja di lingkungan UNG