Peneliti Universitas Hawai Gandeng Peneliti UNG Teliti Bahasa Daerah Gorontalo

Oleh: Nunu Fadna Adam . 29 Juni 2018 . 17:08:00

GORONTALO – Dua orang peneliti berasal dari Universitas Hawai bakal menjajaki kerjasama penelitian dengan peneliti dari Universitas Negeri Gorontalo. Rencana kerjasama untuk melakukan penelitian bahasa daerah di Gorontalo tersebut terungkap dalam kunjungan yang dilakukan oleh Russell Barlow dan Collen O’Brien ke Universitas Negeri Gorontalo, Kamis (28/6),.

Penelitian kolaborasi dengan Dosen dari Fakultas Sastra dan Budaya UNG yakni Dr. Dakia Djou, M.Pd, dan Dr. Fatma Umar, M.Pd akan terfokus meneliti Bahasa Suwawa dan Bahasa Gorontalo. Dr. Dakia mengungkapkan, penelitian yang dilakukan oleh peneliti Universitas Hawai dalam rangka mencapai gelar Profesor dari ke dua peneliti tersebut.

“Pada prinsipnya peneliti UNG sangat siap untuk saling berkolaborasi dalam kerjasama penelitian ini. Terlebih bidang ilmu yang diteliti sesuai dengan apa yang kami dalami,” ungkap Dr. Dakia.

Menurut Dr. Dakia, dipilihnya bahasa daerah Suwawa dan Gorontalo sebagai objek penelitian dikarenakan para peneliti tersebut sangat tertarik dengan kedua bahasa daerah yang sering digunakan masyarakat di Gorontalo. “Kolaborasi ini sekaligus memperkenalkan kepada masyarakat luar negeri akan kelebihan dan keunikan bahasa masyarakat Gorontalo. Kemungkinan penelitian akan dilakukan awal tahun depan selama satu tahun lamanya,” terangnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Perencanaan dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, menyambut baik rencana kolaborasi peneliti luar negeri dengan peneliti UNG. Karena selain penting untuk memperkenalkan bahasa daerah di Gorontalo, juga sebagai wadah memperkuat eksistensi para peneliti UNG di mata masyarakat luar negeri. (wahid)

Agenda

28 Desember 2018

Workshop Penyusunan Standar Biaya Masukan 2019 BLU

Undangan ditujukan kepada Yth. Kepala Biro, Kabag. Keuangan/Perencanaan, Kasubag. Keuangan/Perencanaan, Tim RBA Unit/Fakultas

27 Desember 2018

Rapat Kerja Biro Umum dan Keuangan 2019

Biro Umum dan Keuangan Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2019

3 - 14 Februari 2018

Pendampingan AIPT 2018

Subbagian Hukum dan Humas mempersiapkan pendampingan AIPT 2018

30 Januari 2018

Pelatihan Pengelola Website Unit Kerja

Pelatihan pengelolaan website unit kerja di lingkungan UNG