Kerjasama Utara-Utara Akan Kembangkan Sektor Perikanan dan Kelautan

Oleh: Nunu Fadna Adam . 28 Maret 2018 . 12:02:00

GORONTALO – Program kerjasama utara-utara yang dipelopori UNG dengan melibatkan 4 kabupaten yakni Kab. Gorontalo Utara, Kab. Buol, Kab. Bolaang Mongondow Utara dan Kab. Bone Bolango, mulai melakukan pengembangan program kerja dalam mewujudkan daerah yang unggul dalam berbagai sektor.

Setelah sebelumnya fokus dalam pengembangan Sapi Potong, ditahun 2018 ini seluruh derah yang tergabung Badan Kerjasama Utara-Utara (BKSU) mulai mengembangkan program pengembangan pada sektor perikanan dan kelautan. Pengembangan program tersebut dibahas dalam rapat penyelarasan program kerja BKSU, Selasa (27/3), diruang Rapat Rektorat UNG.

Sekretaris Jenderal BKSU Dr. Fachrudin Zain Olilingo, M.Si, mengungkapkan, hasil pertemuan antara UNG dengan Perwakilan 4 Daerah BKSU akan mulai mengekplorasi potensi bidang perikanan dan kelautan. Salah satu komoditi perikanan yang akan fokus dikembangkan adalah pembudidayaan Udang Vaname.

Menurut Fachrudin dipilihnya Udang Vaname sebagai komoditi bidang perikanan yang akan dikembangan tidak lepas dari potensi daerah dalam pengembangan udang tersebut. Selain itu pengembagnan Udang Vaname juga merupakan program Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Dukungan pangsa pasar yang terbuka luas, proses budidaya sekitar 4 bulan serta perolehan yang cukup menguntungkan petani juga menjadi pertimbangan pemilihan Udang Vaname,” ungkap Fachrudin.

Sebagai tindak lanjut dalam penetapan program pengembangan bidang perikanan dan kelautan tersebut, BKSU bersama UNG akan mulai fokus dalam pengembangan master plan budidaya Udang Vaname.

“Pengembangannya juga akan melibatkan PUM, serta membentuk tim taskforce melibatkan para ahli perikanan masing-masing daerah yang akan menyusun strategi dalam mencapai target produksi udang vaname,” terang pria yang bertugas sebagai Dosen pada Fakultas Ekonomi UNG.

Sementara itu Wakil Rektor UNG Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi Prof. Dr. Hasanuddin Fatsah, M.Hum, mengatakan, UNG akan terus berupaya memfasilitasi dan mendorong BKSU dalam mengembangkan program diberbagai bidang. Karena sebagai salah satu inisiator kerjasama tersebut, UNG memiliki tanggung jawab dalam menyukseskan program kerjasama utara-utara. (wahid)

Agenda

28 Desember 2018

Workshop Penyusunan Standar Biaya Masukan 2019 BLU

Undangan ditujukan kepada Yth. Kepala Biro, Kabag. Keuangan/Perencanaan, Kasubag. Keuangan/Perencanaan, Tim RBA Unit/Fakultas

27 Desember 2018

Rapat Kerja Biro Umum dan Keuangan 2019

Biro Umum dan Keuangan Universitas Negeri Gorontalo Tahun 2019

3 - 14 Februari 2018

Pendampingan AIPT 2018

Subbagian Hukum dan Humas mempersiapkan pendampingan AIPT 2018

30 Januari 2018

Pelatihan Pengelola Website Unit Kerja

Pelatihan pengelolaan website unit kerja di lingkungan UNG